3 Laptop Juara untuk Level Kantong Mahasiswa

Beberapa tahun yang lalu mungkin untuk laptop dengan harga di bawah 5 juta dianggap sebagai laptop mudah ber-prosesor payah dan daya hidup baterai yang pendek. Tapi di 2017, semua anggapan ini akan berbalik 180 derajat karena beberapa perusahaan laptop ternama telah banyak mengeluarkan jenis laptop yang dilengkapi performa menawan namun dengan penawaran harga yang sangat terjangkau.

Jadi, untuk kamu para pelajar dan mahasiswa yang butuh laptop canggih (lancar browsing tanpa lemot, bisa untuk nonton film HD tanpa sakit mata, edit tugas di software office terbaru) namun dengan harga yang murmer, simak terus artikel ini. Siapa tahu kamu bertemu dengan laptop jodoh kamu!

Juara Rakyat: Asus F556UA-AB32

Asus F556UA-AB32

Desain tipis dengan warna black matte, laptop ini punya tampilan premium untuk harganya yang terbilang murah. Beroperasi dengan OS Windows 10, dilengkapi 2.3 GHz Intel Core i3 processor, layar 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080, dan 3 USB Port (1x 2.0 USB port, 1x 3.0 USB port, & 1x 3.1 Type C USB port). Memiliki Fitur 802.11ac yang artinya kamu bakal menikmati konektifitas internet super kencang, sementara dengan RAM 4GB dan kapasitas hard disk hingga 1TB (1000GB) bikin kamu leluasa untuk menyimpan banyak dokumen, musik dan film.

Salah satu yang menjadi kekurangannya adalah beratnya yang sampai 2 Kg lebih, lumayan bakal bikin punggung kamu sakit kalau kamu bawa jalan-jalan jauh. Tapi dengan harganya yang di bawah 5 juta-an, sih, gak akan jadi masalah. Plus, Asus juga memberikan kamu garansi 1 tahun perlindungan untuk kerusakaan karena kecelakan, barangkali nanti kamu gak sengaja menjatuhkan atau menumpahkan sesuatu ke atas laptop kamu.

Juara Favorit: HP Pavilion x360

HP Pavilion x360

Kalau kamu masih belum merasa berjodoh sama Asus, mungkin kamu bisa melirik si cantik yang satu ini, HP Pavilion x360. Laptopnya sudah dirilis lumayan lama, keluar sekitar akhir tahun 2016 bikin laptop ini jadi generasi terbaru di jajaran X360 yang diperkenalkan oleh HP. Mengusung tampilan 13.3 inci HD IPS 1366 x 76-pixel yang dipasangkan dengan prosesor generasi ke-6 Intel Core i3 2.3GHz, memori virtual yang besar (6GB), dan hard disk 500GB. Dengan beratnya yang cuma 1,5 Kg cocok untuk kamu mahasiswa aktif yang suka wara-wiri kesana kemari.

Laptop ini juga punya TrueVision HD webcam yang menangkap warna akurat dari foto lengkap dengan digital microphones yang bakal sangat membantu kamu yang pacaran jarak jauh. Skype-an bakal lebih menyenangkan karena suara kamu bakal terdengar jernih sama si pacar. Keyboard yang nyaman dan touchpad yang sudah multi-touch gesture support akan memberikan kenyamanan untuk kamu selama mengerjakan tugas-tugas kampus yang menumpuk.

Terkreatif: Acer Aspire E 15 E5-575G-57D4

Acer Aspire E 15 E5-575G-57D4

Cukup sulit untuk mendapatkan laptop “kreatif” yang bisa nge-handle berbagai pekerjaan harian sampai kamu bertemu dengan Acer Aspire E-15. Ditenagai prosesor generasi ke-7 Intel Core i5 3.1GHz, RAM 8GB dan SDD 256 GB, Acer mencoba untuk memberikan tenaga mumpuni untuk pekerjaan editing foto dan video. Tambahannya, kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX dengan 2GB memori independen akan menyokong kebutuhan hiburan dan produktifitas kamu.

Semua kecanggihan ini ditampilkan di 15.6 inci full HD 1920 x 1080 pixel matte display yang dapat mengurangi pantulan dan cahaya yang meyilaukan mata. Penggunaan mouse sebagai tambahan kontrol juga akan lebih nyaman karena laptop ini sudah dilengkapi dengan USB 3.1 Type C, dua USB 3.0 dan slot SD.

Bonusnya kamu juga masih bisa mendapatkan DVD drive meskipun sebetulnya Acer bisa saja mencopotnya agar laptop ini bisa jadi lebih ringan. Berat laptop yang mencapai 2 Kg lebih memang cukup merepotkan tapi dengan daya hidup baterai yang bertahan sampai 12 jam, kamu bisa mengerjakan kerjaan kamu di luar kosan tanpa takut kehabisan baterai.